Percepat Proses Adaptasi Lingkungan, MTs. Tarbiyatut Tholabah Gelar Matsama.

MTs. TABAH – Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs Tarbiyatut Tholabah  Kranji dilaksanakan selama dua hari, dimulai hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 sampai Kamis tanggal 21 Juli 2022. Dengan mengangkat tema “Membangun Generasi Muda Islami Yang Kreatif Demi Terciptanya Madrasah Hebat Bermartabat” Kegiatan Matsama di MTs Tarbiyatut Tholabah dibuka oleh Ustaz Zainal Muttaqin, M.Pd. Kepala Madrasah MTs. TABAH. Pembukaan kegiatan matsama tersebut ditandai dengan tabuh genderang dan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta. Kegiatan matsama di MTs Tarbiyatut Tholabah dikikuti oleh seluruh peserta didik baru sejumlah 327 siswa, yang terdiri dari 173 siswa laki laki dan 154 siswa perempuan.

Dalam sambutanya, Kepala MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji meminta seluruh panitia dan bapak ibu yang bertugas sebagai pemateri matsama untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab, sehingga tujuan yang diharapkan dalam  kegiatan tersebut bisa tercapai. Sementara kepada para peserta matsama, beliau mengucapkan selamat datang dan selamat berjuang untuk menjadi juara di MTs. Tarbiyatut Tholabah. “Ingat anak-anak, salah satu kunci untuk menjadi sukses adalah kemauan bergerak.” Tegasnya.

Ustaz Zainal Muttaqin, M.Pd. juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti seluruh kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh panitia dengan sebaik mungkin. Kegiatan matsama merupakan kegiatan pengenalan peserta didik baru kepada lingkungan madrasah. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan matsama, siswa siswi baru MTs. Tarbiyatut Tholabah dapat beradaptasi baik dengan lingkungan sekolah, pembelajaran maupun kegiatan kegiatan yang ada di madrasah.

Hari pertama kegiatan matsama diisi dengan penyampaian materi kepesantrenan dan kemadrasahan. Ustazah Durrotun Aniqoh, S.HI. dalam materi kepesantrenan, menyampaikan banyak hal seputar pondok pesantren, mulai dari sejarah, pengertian, model atau jenis-jenis, metode pengajaran dan lingkungan sosial dan berbagai hal yang berkaitan dengan pondok pesantren secara umum dan Pondok Pesantraen Tarbiyatut Tholabah secara khusus. Sementara untuk materi kemadrasahan, Ustaz M. Fatih Taqiyyuddin, S.Pd. menjelaskan berbagai hal yang terkait dengan kemadrasahan.

Untuk matsama hari kedua, diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah dan outbound. Dalam kegiatan ini, peserta matsama dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh panitia dan berkeliling di lingkungan madrasah untuk dikenalkan dengan berbagai sarana dan prasarana madrasah berserta fungsinya mulai dari Kantor, Ruang TU, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Klinik Kesehatan, Masjid, Auditorium dan lain-lain. Sementara untuk outbound, peserta matsama diberikan permainan yang dapat meningkatkan kerjasama, kepercayaan diri dan kekompakan tim. Diharapkan dengan permainan ini, mereka dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman-teman baru.