Counseling of Education #1: Siswi MTs. Tarbiyatut Tholabah Semakin Sadar Dampak Negatif Mekap.

Menjadi cantik adalah dambaan bagi setiap wanita. Tak ayal berbagai upaya mereka lakukan agar dapat terlihat cantik. Mulai dari cara berpakaian hingga merias wajah dengan berbagai ragam kosmetik. Saat ini keinginan tampil cantik tidak hanya bagi kalangan wanita dewasa saja, mereka yang masih remaja bahkan tergolong anak-anak sudah pada piawai dalam bermakeup. Sudah banyak gadis yang merias wajah agar penampilan lebih menarik. Mereka bahkan tak percaya diri keluar rumah bila tidak bermekap.

Mekap memang dapat menjadikan penampilan seorang wanita menjadi lebih baik. Dengan menggunakan makeup, seseorang dapat “menutupi” Bagian-bagian wajah yang dianggap kurang bagus. Sayangnya, mekap juga bisa memberi dampak buruk pada kulit remaja, bahkan bisa mempengaruhi kesehatan yang lebih luas seperti gangguan kesuburan, ginjal, kanker dan lainya. Begitu penjelasan Dr. Istiqomah dari Puskesmas Paciran yang ditemani oleh Ibu Riris Hariani dan Ibu Kartini sebagai narasumber dalam kegiatan Counseling of education dengan tema “Bahaya Make Up Bebas Bagi Kulit Remaja” yang dilaksanakan oleh MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji bekerjasama dengan Puskesmas Paciran pada Kamis, 15 Desember 2022 di Auditorium TABAH.

Dalam kegiatan tersebut, siswi MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji juga mendapatkan pemahaman bagaimana memilih kosmetik yang aman bagi kulit mereka. Meskipun narasumber lebih merekomendasikan agar tidak menggunakan kosmetik atau perawatan yang terlalu komplek, mengingat usia yang masih sangat muda, namun mereka menyadari bahwa anak-anak muda saat ini sudah tidak bisa terlepas dari make up. Untuk itu mereka hanya bisa memberikan himbauan dan tatacara agar terhindar dari bahaya makeup yang berlebihan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siwi MTs. Tarbiyatut Tholabah ini mendapatkan respon dan antusias yang tinggi dari peserta. Mereka menyimak dengan seksama segala penjelasan yang diberikan oleh narasumber. Antusiasme peserta juga terlihat saat sesi tanya jawab. Terlihat banyak peserta yang ingin menanyakan berbagai hal yang terkait dengan makeup dan segala keterkaitannya. “Bu dokter, bagaimanakah caranya agar muka kita tidak berjerawat dan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat?” Tanya Zahrotus Sa’adah el Kharis siswi kelas 8i pada kesempatan itu.

Ustazah Himmatul Mukarromah, koordinator pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa diantara tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih luas khususnya kepada siswi MTs. Tarbiyatut Tholabah Kranji tentang segala dampak yang bisa ditimbulkan karena makeup. Sehingga diharapkan kedepannya mereka (siswi) dapat lebih bijak lagi dalam memilih dan menggunakan makeup. “Tidak dipungkiri bahwa sebagian dari murid kita sudah banyak yang menggunakan makeup, dengan kegiatan ini semoga kedepan mereka bisa sadar dan semakin bijak dalam bermakeup.” Tuturnya.

Sesi tanya jawab, nampak siswi MTs. Tarbiyatut Tholabah antusias bertanya seputar kosmetik dan make up
Tidak hanya siswi, Ustazah juga aktif bertanya seputar make up dalam kegitan pagi itu.
Dr. Istiqomah dari Puskesmas Paciran menjelaskan tentang dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh kosmetik.
Bingkisan bagi peserta kegiatan yang aktif dalam mengikuti kegiatan.